Advertising

Sabtu, 06 Maret 2010

Warna dan Makna Psikologis

Secara umum, warna dikaitkan dengan pertimbangan makna psikologis
  1. Merah: darah, marah, berani, seks, bahaya, kekuatan, kejantanan, kebahagiaan, cinta, keunguan: mulia, agung, kaya, bangga (sombong), mengesankan.
  2. Hitam: misteri, berwibawa, berkelas, konservatif, kegelapan, tegas, kukuh, formal, struktur yang kuat
  3. Merah jingga: semangat, tenaga, kekuatan, pesat, hebat, gairah.
  4. Kuning jingga: kebahagiaan, penghormatan, kegembiraan, optimisme, terbuka.
  5. Putih: sporty, bersih, segar, mahal, positif, merangsang, cemerlang, ringan, sederhana, polos, jujur, murni., suci,lugu, spiritual, tenang.
  6. Kelabu: maskulin, serius, tenang, sopan, sederhana, orang yang telah beumur, kepasifan, sabar, rendah hati, intelegensia, ragu-ragu, tidak dapat membedakan yang penting dan tidak penting. Netral, penengah dalam peperangan.
  7. Jingga: kecerahan, hangat, semangat muda, ekstrimis, menarik.
  8. Kuning: ceria, hangat, semangat, cerah, kesenangan, kelincahan kemuliaan cinta, pengertian yang mendalam, lambang intelektual, bijaksana, pengecut, pengkhianatan.
  9. Kuning hijau: persahabatan, muda, kehangatan, baru, gelisah, berseri.
  10. Hijau muda: tumbuh, cemburu, kurang berpengalaman, iri ahti, kaya, segar, istirahat, tenang.
  11. Hijau biru: tenang, santai, diam, lembut, setia, kepercayaan.
  12. Biru: melankolis, teknologi, sejuk, pasif terhormat, tenang, damai, depresi, menahan diri, ikhlas, setia, konservatif, lembut, menahan diri. Goethe menyebutnya mempesona, spiritual, monoteis, kesepian, sedang memikirkan masa lalu dan masa akan datang. Warna perspektif yang menarik kita dalam kesendirian, dingin, membuat jarak, dan terpisah. Melambangkan kesucian dan harapan.
  13. Ungu: kebesaran, sejuk, negative, mundur, tenggelam dan khidmat, berarti sukacita, kontemplatif, suci, lambang agama, murung, melankolis, pendiam, agung (mulia), aristokrasi, dan menyerah.
  14. Cokelat: bersahabat, hangat, tenang, alami, kebersamaan, sentosa, rendah hati.
  15. Hijau: emosi hamper mendekati pasif, lebih istirahat. Melambangakan renungan, kepercayaan (agama), dan keabadian. Fungsi:kesegaran, mentah, muda, belum dewasa, pertumbuhan, kehidupan dan harapan, kelahiran kembali, dan kesuburan.
  16. Pastel: lembut, feminim, romantis, inspirasi

Darius Atarega

Tidak ada komentar:

Posting Komentar